header-int

Cara Cepat Menggenjot Ekonomi Desa Memanfaatkan Teknologi Internet

Jumat, 14 Apr 2017, 17:00:42 WIB - 429 View
Cara Cepat Menggenjot Ekonomi Desa  Memanfaatkan Teknologi Internet

BERDESA.COM – Salahsatu yang harus dilakukan warga desa sekarang ini adalah harus mampu memanfaatkan teknologi internet. Internet adalah perangkat yang bakal sangat membantu desa meruntuhkan posisi desa yang selama ini dianggap tak memiliki kemampuan mengakses informasi sekaligus bisa dipakai sebagai alat mengabarkan pada dunia mengenai potensi desa.

Melalui internet, orang kota sudah tidak lagi bisa menganggap memiliki kelebihan khususnya dalam mengasup informasi. Dengan catatan, wilayah desa termasuk area yang memiliki jaringan internet. Melalui internet, segala informasi bisa didapatkan warga desa sebagaimana yang didapat warga kota manapun.

Warga desa bahkan memiliki lebih banyak peluang untuk mengembang dengan memanfaatkan internet seperti pertanian, perikanan dan perkebunan. Termasuk pula mengembangkan industri pertukangan kayu dan berbgai industri lainnya berbasis kekayaan desa. Jangan salah, sekarang ini sedang laris manis berbagai produk sehat dan alami yang berasal dari desa.

Jangan kawatir soal cara menjual produk desa karena saat ini warga desa dengan mudah juga bisa menjual beragam produk tanpa harus membangun toko, melalui internet juga. Penjualan bisa melalui sosial media seperti Facebook, Instagram dan sebagainya. Kalau mau cepat terjual, memanfaatkan iklan Facebook. Iklan facebook jauh lebih murah dibanding media cetak dan sangat efektif menjual produk apapun.

Warga desa juga bisa memanfaatkan marketplace atau pasar online yang saat ini bertebaran di jagat maya seperti bukalapak, tokopedia dan usahadesa.com. Usahadesa.com adalah satu-satunya marketplace yang mengkhususkan diri menjual produk desa dan asli Indonesia. Melalui Usahadesa.com siapapun bisa mendaftarkan produknya secara gratis dan mendapatkan fasilitas promosi dan sebagainya. Keuntungan berjualan online adalah tidak butuh toko, hanya butuh akun saja.

Tapi memang sebagian warga desa karena aktivitas hariannya yang lebih banyak bekerja di wilayah produksi sehingga sebagian besar warga terutama kaum tua, kesulitan melakukan akses internet. Maka anak-anak muda-lah yang harus didukung untuk memasuki aktivitas produktif melalui internet ini. Anak muda selain lebih mudah beradaptasi dengan teknologi informasi juga hampir semua dari mereka memiliki alatnya yakni HP. Ya, membangun jaringan pasar melalui online memang bisa dilakukan bahkan melalui HP saja.

Jadi, kini hidup desa sudah tidak lagi identik dengan ketertinggalan bahkan dalam dunia internet sekalipun. Desa Menowo di Magelang adalah desa yang kini kondang disebut Kampung Blogger. Di kampung ini para pemuda meraup jutaan rupiah per bulan hanya dengan duduk di depan komputer mereka. Ya, mereka melakukan aktivitas online yang menghasilkan uang sebagai pendapatan mereka. Jadi, sekarang ini hidup di desa juga bisa mencapai kualitas hidup yang selama ini hanya bisa dicecap orang kota.(aryadji/berdesa)

Foto: www.kecamatan kretek.blogspot.com

Unidha Desa Amin Jaya, adalah Desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan Banteng Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
© 2018 Desa Amin Jaya Follow Desa Amin Jaya : Facebook Twitter Linked Youtube