header-int

Karang Taruna Desa Amin Jaya

Posted by : Administrator
Share

Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan. Sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna juga merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan generasi muda dalam upaya mengembangkan kegiatan Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan usaha ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PD/PRT) di mana telah diatur dalam struktur penggurus dan masa jabatan. Semua ini merupakan wujud daripada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Di Desa Amin Jaya sendiri, Karang Taruna mempunyai peran yang cukup aktif dalam kegiatan sosial maupun pembangunan desa. Jumlah anggota Karang Taruna kurang lebih 20 orang anggota aktif  dan beberapa lainnya merupakan anggota pasif. Keanggotaan Karang Taruna di Desa Amin Jaya diikuti oleh generasi muda mulai dari umur 13 tahun hingga 30 tahun. Adapun beberapa anggota yang lebih tua berperan sebagai pembina. Struktur organisasi Karang Taruna di Desa Amin Jaya meliputi beberapa jabatan di antaranya ketua, wakil ketua, sekertaris, bendahara, seksi umum, seksi perlengkapan, seksi humas dan anggota. Sistem kerja dan tanggung jawab Karang Taruna berpedoman pada jabatan masing-masing.

Peran organisasi Karang Taruna di desa amin jaya cukup aktif, terutama dalam kegiatan sosial masyarakat dan pembangunan desa. Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya pertemuan rutin, kepanitiaan hari besar, berpartisipasi dalam kegiatan sosial desa, dan berpartisipasi dalam proses pembangunan desa.

Selain berpartisipasi dalam proses kemajuan desa, Karang Taruna juga menjadi wadah untuk pengembangan diri serta pendidikan karakter untuk menciptakan generasi muda yang positif. Dengan adanya organisasi Karang Taruna di desa amin jaya ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang besar dalam proses kemajuan desa.

 

Unidha Desa Amin Jaya, adalah Desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan Banteng Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
© 2018 Desa Amin Jaya Follow Desa Amin Jaya : Facebook Twitter Linked Youtube