header-int

PROGRAM PEMBANGUNAN DESA

Posted by : Administrator
Share

Pelaksanaan pembangunan merupakan salah satu agenda yang terus dilakukan pemerintah Desa Amin Jaya setiap tahunnya. Program-program pembangunan tersebut disusun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun lembaga-lembaga pemerintahan desa. Pelaksanaan pembangunan diawali dengan perencanaan serta perancangan melalui sebuah forum musyawarah desa yang melibatkan pemerintah desa, BPD, dan lembaga-lembaga masyarakat. Perencanaan pembangunan tentunya harus disesuaikan dengan aspirasi masyarakat, kebutuhan, serta peraturan yang berlaku.

Berikut ini merupakan beberapa program pembangunan yang menjadi agenda pemerintah desa di Desa Amin Jaya setiap tahunnya :

NO

PROGRAM PEMBANGUNAN

1

PROGRAM PEMBANGUNAN, PENGEMBANGAN DAN PEMELIHARAAN SARANA /PRASARANA LINGKUNGAN

2

PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA FISIK PERKANTORAN. KESEHATAN . PENDIDIKAN DAN SOSIAL

3

KEG. PEMB. SARANA / PRASARANA PERKANTORAN DAN KESEHATAN

4

PENGADAAN, PEMBANGUNAN, PENGEMBANGAN DAN PEMELIHARAAN SARANA EKONOMI

5

KEGIATAN PEMBANGUNAN SARANA PRASARANA KESENIAN DAN KEBUDAYAAN

  1. PROGRAM PEMBANGUNAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMELIHARAAN SARANA /PRASARANA LINGKUNGAN

Program ini merupakan program pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang menyangkut lingkungan sekitar desa seperti jalan desa, saluran irigasi, drainase dan sarana prasarana lingkungan lainnya. Adapun prioritas pembangunan ini biasanya disesuaikan dengan kondisi yang ada.

  1. PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMELIHARAAN SARANA/PRASARANA FISIK PERKANTORAN, KESEHATAN, PENDIDIKAN, DAN SOSIAL

Program ini difokuskan pada pembangunan serta pemeliharaan sarana dan prasarana berupa bangunan fisik pada bidang perkantoran, kesehatan, pendidikan, dan sosial. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana agar dapat membantu kelancaran kinerja pada masing-masing bidang. Adapun prioritas pembangunan juga disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. KEGIATAN PEMBANGUNAN  DAN PENGEMBANGAN SARANA/PRASARANA NON-FISIK PERKANTORAN, KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN SOSIAL

Program ini merupakan kegiatan pembangunan sarana/prasarana non-fisik pada bidang perkantoran, kesehatan, pendidikan, dan sosial. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatakan sarana prasarana agar dapat membantu kelancaran serta meningkatkan kualitas kinerja. Adapun prioritas pembangunan juga disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. PENGADAAN, PEMBANGUNAN, PENGEMBANGAN DAN PEMELIHARAAN SARANA EKONOMI

Program ini merupakan program mencakup tentang pembangunan, pengadaan, pengembangan serta pemeliharaan sarana di bidang ekonomi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan sarana perekonomian, baik untuk masyarakat maupun pemerintah desa. Prioritas pembangunan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dan program pengembangan yang akan dilakukan.

  1. KEGIATAN PEMBANGUNAN SARANA PRASARANA KESENIAN DAN KEBUDAYAAN

Program ini merupakan kegiatan pembangunan yang dilakukan untuk membangun, memelihara, serta pengadaan sarana/prasarana di bidang kesenian dan kebudayaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk masyarakat desa dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada. Selain itu juga dapat membantu masyarakat dalam membantu mengembangkan kreativitas masyarakat dalam bidang seni dan budaya. Adapun prioritas pembangunan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dan program pengembangan yang akan dilakukan.

Diharapkan dengan adanya program-program di atas dapat meningkatkan kemajuan desa serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Unidha Desa Amin Jaya, adalah Desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan Banteng Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
© 2018 Desa Amin Jaya Follow Desa Amin Jaya : Facebook Twitter Linked Youtube