header-int

PROGRAM PEMBINAAN MASYARAKAT

Posted by : Administrator
Share

Pembinaan kemasyarakatan merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan serta mengelola lembaga dan sumber daya manusia agar lebih baik dan bekerja sesuai dengan harapan. Pembinaan kemasyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara baik melalui pelatihan, rapat, lomba, peringatan hari besar dan lain-lain.

Berikut ini merupakan beberapa program kegiatan pembinaan kemasyarakatan Desa Amin Jaya :

NO

KEGIATAN

1

KEGIATAN PEMBINAAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN

2

KEGIATAN PEMBINAAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

3

KEGIATAN PEMBINAAN ORGANISASI PEREMPUAN DAN PKK

4

KEGIATAN PEMBINAAN KESENIAN DAN SOSIAL BUDAYA

5

KEGIATAN PEMBINAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

6

KEGIATAN PEMBINAAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN

7

KEGIATAN PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

8

KEGIATAN PERINGATAN DAN PERAYAAN HARI BESAR

  1. KEGIATAN PEMBINAAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN

Kegiatan pembinaan lembaga kemasyarakatan merupakan upaya pembinaan dari pemerintah desa untuk meningkatkan kinerja lembaga di bawahnya agar dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan dan membantu pemerintah dalam memajukan desa. Lembaga-lembaga tersebut diantaranya seperti RT, RW, karang taruna, PKK, keamanan, dan lain-lain. Adapun bentuk pembinaan lembaga kemasyarakatan ini dapat berupa pelatihan, rapat koordinasi, dan peningkatan sarana dan prasarana lembaga.

  1. KEGIATAN PEMBINAAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

Kegiatan pembinaan pemuda dan olah raga merupakan salah satu program pemerintah desa untuk memberdayakan para generasi muda untuk berpartisipasi dalam kemajuan desa. Kegiatan pembinaan pemuda dan olah raga ini dapat salurkan melalui lembaga karang taruna. Adapun bentuk pembinaan pemuda dan olah raga ini dapat berupa penyelenggaraan forum karang taruna, pelatihan dan penyuluhan, dukungan terhadap program-program yang digagas karang taruna, penyelenggaraan lomba yang melibatkan pemuda, penyelenggaraan pertandingan olah raga sewilayah desa, dan lain-lain.

  1. KEGIATAN PEMBINAAN ORGANISASI PEREMPUAN DAN PKK

Kegiatan pembinaan organisasi perempuan dan pkk dilakukan untuk memberdayakan kaum perempuan untuk berpartisipasi dalam kemajuan desa. Kegiatan pembinaan tersebut dapat berupa pelatihan dan penyuluhan, pengembangan kreativitas, peningkatan kelembagaan, penyediaan sarana prasarana dan lain-lain.

  1. KEGIATAN PEMBINAAN KESENIAN DAN SOSIAL BUDAYA

Kegiatan pembinaan kesenian dan sosial budaya bertujuan untuk mengembangkan kesenian serta mempertahankan nilai-nilai sosial dan budaya di masyarakat. Kegiatan pembinaan ini dapat berupa penyelenggaraan pentas seni dan budaya, lomba kesenian dan budaya, pelatihan kesenian dan lain-lain.

  1. KEGIATAN PEMBINAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama merupakan kegiatan pembinaan untuk meningkatkan kerukunan serta membangun silaturahmi antar umat beragama. Kegiatan pembinaan ini dapat disalurkan melalui lembaga pengurus masing-masing umat beragama. Adapun bentuk kegiatan pembinaan ini dapat berupa pengadaan sarana dan prasarana, pengajian, peringatan/perayaan hari besar dan lain-lain.

  1. KEGIATAN PEMBINAAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN

Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan desa, maka diperlukan suatu pembinaan baik pada masyarakat maupun petugas keamanan. Bentuk kegiatan pembinaan ini dapat berupa pelatihan petugas kemaanan, penyuluhan keamanan dan ketertiban pada masyarakat, dan peningkatan sarana/prasarana.

  1. KEGIATAN PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pembinaan pendidikan usia dini merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan desa. Penanaman nilai-nilai sejak dini juga merupakan suatu pembekalan yang baik untuk anak-anak di masa depan. Kegiatan pembinaan anak usia dini ini dapat disalurkan melalui program PAUD maupun sekolah TK. Adapun bentuk pembinaan ini dapat berupa pelatihan guru/pengajar, peningkatan sarana/prasarana, pengembangan kreativitas, dan penanaman nilai-nilai kehidupan, agama, dan kebangsaan pada anak.

  1. KEGIATAN PERINGATAN DAN PERAYAAN HARI BESAR

Kegiatan peringatan dan perayaan hari besar merupakan salah satu program pembinaan yang selalu diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati suatu kejadian, meneladani tokoh-tokoh, serta mengambil pelajaran yang baik pada kejadian tersebut. Selain itu juga bisa menjadi media untuk memeperkenalkan kepada generasi penerus akan budaya kita selama ini.

Unidha Desa Amin Jaya, adalah Desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan Banteng Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
© 2018 Desa Amin Jaya Follow Desa Amin Jaya : Facebook Twitter Linked Youtube