header-int

PROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA AMIN JAYA

Posted by : Administrator
Share
PROGRAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA AMIN JAYA

Pemerintahan desa merupakan salah satu unsur penting dalam proses kemajuan sebuah desa. Selain sebagai penggagas program-program desa, pemerintahan desa juga menjadi penggerak roda pembangunan desa. Untuk tercapainya hal tersebut, maka kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa juga harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan.

 

Berikut ini merupakan beberapa program kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa di Desa Amin Jaya :

NO

KEGIATAN

1

BELANJA PEGAWAI

2

KEGIATAN OPERASIONAL KANTOR DESA

3

PENINGKATAN KELEMBAGAAN

4

KEGIATAN PENYELENGGARAAN MUSYAWARAH DESA

5

KEGIATAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

6

KEGIATAN PENGELOLAAN INFORMASI DESA

 

  1. BELANJA PEGAWAI

Kegiatan belanja pegawai merupakan kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan biaya upah dan tunjangan pegawai desa meliputi kepala desa, sekertaris desa, perangkat desa dan BPD. Pengelolaan biaya pegawai tersebut ditujukan untuk gaji, tunjangan kesehatan dan operasional pegawai desa.

  1. KEGIATAN OPERASIONAL KANTOR DESA

Kegiatan operasional kantor desa dilakukan untuk kelancaran berjalannya proses penyelenggaraan pemerintahan desa. Kegiatan tersebut meliputi belanja barang dan jasa serta belanja modal. Kegiatan belanja barang dan jasa tersebut digunakan untuk keperluan seperti belanja ATK, perawatan fasilitas, operasional kantor dan lain-lain. Sedangkan belanja modal digunakan untuk pengadaan barang sarana dan prasarana kantor yang dibutuhkan.

  1. PENINGKATAN KELEMBAGAAN DESA

Kelembagaan merupakan salah satu unsur penting dalam membantu berjalannya proses kemajuan desa. Oleh karena itu, maka dibutuhkan peningkatan dalam kelembagaan desa agar kegiatan kelembagaan berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Adapun program-program yang dilakukan untuk meningkatkan kelembagaan diantaranya meliputi peningkatan SDM serta pengelolaan sarana dan prasarana.

  1. KEGIATAN PENYELENGGARAAN MUSYAWARAH DESA

Kegiatan penyelenggaraan musyawarah desa dilakukan sebagai media untuk saling bertukar pikiran dan peyampaian aspirasi dari masyarakat untuk pemerintah desa. Dengan adaya kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan hubungan yang baik antara masyarakat dengan pemerintah dan meningkatkan peranserta masyarakat dalam pembangunan desa.

  1. KEGIATAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

Perencanaan merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan desa. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan pembangunan desa agar dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat. Adapun pelaksaanan perencanaan pembangunan desa ini biasanya dilakukan melalui forum musyawarah desa.

  1. KEGIATAN PENGELOLAAN INFORMASI DESA

Kegiatan pengelolaan informasi desa dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat desa tentang apa saja program-program yang sudah dilaksanakan pemerintah. Serta untuk memudahkan masyarakat maupun pemerintah pusat dalam memantau perkembangan desa. Kegiatan pengelolaan informasi desa ini dapat berwujud media cetak maupun media elektronik seperti website dan media sosial. Di Desa Amin Jaya sendiri sudah memiliki website resmi yang dapat diakses oleh masyarakat kapan saja, yaitu “www.aminjaya.desa.id. Melalui website resmi ini, masyarakat dapat mengetahui perkembangan serta apa saja yang terjadi di Desa Amin Jaya secara up to date.

Unidha Desa Amin Jaya, adalah Desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan Banteng Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
© 2018 Desa Amin Jaya Follow Desa Amin Jaya : Facebook Twitter Linked Youtube