header-int

UNIT USAHA BUMDES KARYA JAYA ABADI DESA AMIN JAYA

Posted by : Administrator
Share
UNIT USAHA BUMDES KARYA JAYA ABADI DESA AMIN JAYA

 

Melihat potensi yang ada di desa sampai saat ini BUMDES KARYA JAYA ABADI memiliki beberapa unit usaha di sektor pengadaan barang dan jasa diantaranya adalah Unit Paving Block, Unit Layanan BRILink, Unit Penukaran Replas (TBS), Unit Pengelolaan Jalan Kebun, dan Unit Konveksi.

Unit Penukaran Replas (TBS)

Untuk unit usaha penukaran replas tandan buah segar (TBS), Pemerintah desa dan Badan Usaha Milik Desa melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada petani kelapa sawit agar dapat mendukung kegiatan unit tersebut dengan menjual hasil kebunnya kepada BUMDES, selanjutnya hasil kebun tersebut akan disetorkan langsung kepada perusahaan kelapa sawit yang ada di Desa Amin Jaya. hal ini juga betujuan untuk memudahkan para petani dalam menjual hasil kebunnya, mengatasi penengkulak nakal, berinvestasi kepada BUMDes, dan menanamkan rasa memiliki kepada badan usaha milik desa.

Pengelolaan Jalan Kebun

Unit Pengelolaan jalan kebun berawal di mana petani kelapa sawit sangat kesulitan untuk membawa hasil panennya keluar dikarenakan tidak terawatnya jalan yang ada, atas inisiatif bersama pemerintah desa dan petani yang memiliki kebun di jalan tersebut menyerahkan pengelolaannya pada badan usaha milik desa, selanjutnya petani berkewajiban menyetorkan biaya perawatan jalan tersebut kepada BUMDes sesuai dengan luasan kebunnya. Dengan adanya unit pengelolaan jalan kebun ini, memudahkan mobilitas petani, petani juga tidak harus memikirkan kerusakan jalan kebun mereka akibat hujan setiap tahunnya karena sudah dikelola dengan baik oleh BUMDes.

Paving Block

Sejalan dengan peningkatan infrastruktur yang ada di desa pada setiap tahunnya, terutama peningkatan jalan lingkungan, badan usaha milik desa karya jaya abadi mengambil inisiatif untuk membentuk unit paving block. Paving hasil produksi BUMDes Karya Jaya Abadi yang khusus digunakan untuk paving jalan ini mampu menahan beban sampai 12 ton. Selain menberdayakan produk sendiri dalam peningkatan jalan lingkungan, pembuatan dan pemasangan paving block ini juga banyak menyerap tenaga kerja warga setempat.

Unit BRILink

Melihat kurangnya fasilitas anjungan tunai dan bank di desa serta banyaknya transaksi keuangan setiap harinya, BUMDes Karya Jaya Abadi bekerjasama dengan Bank BRI untuk membuka Unit Brilink. Unit brilink Bumdes Karya Jaya Abadi melayani berbagai layanan transaksi diantaranya pengambilan uang tunai, cek saldo tabungan, transfer uang, setoran pinjaman, bayar cicilan, bayar listrik prabayar, TopUp brizzi,dan lain-lain. Dengan bertransaksi melalui brilink BUMDes Karya Jaya Abadi, masyarakat tidak harus jauh-jauh untuk datang ke bank maupun atm. karena mereka bisa menghubungi agen brilink, dan agen tersebut akan datang kerumah masyarakat yang bersangkutan.

Unit Konveksi

Dengan melihat peluang usaha di bidang konveksi, BUMDes Karya Jaya Abadi berinisiatif untuk mendirikan unit usaha konveksi sendiri. Unit konveksi ini memproduksi berbagai produk konveksi diantaranya baju dinas, baju batik, sablon, kaos olah raga dan lain-lain. Selain menerima pesananan, bumdes karya jaya abadi juga bekerja sama dengan lembaga, organisasi, komunitas dan perusahaan di dalam maupun diluar desa agar mereka dapat memesan seragam/ baju di unit konveksi BUMDes Karya Jaya Abadi.

Unidha Desa Amin Jaya, adalah Desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan Banteng Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
© 2018 Desa Amin Jaya Follow Desa Amin Jaya : Facebook Twitter Linked Youtube