header-int

MANTAP!!! BUMDes Karya Jaya Abadi Terbaik Nasional

Jumat, 11 Nov 2016, 14:20:34 WIB - 1996 View
MANTAP!!! BUMDes Karya Jaya Abadi Terbaik Nasional

PANGKALAN BANTENG - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Jaya Abadi, Desa Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng menjadi salah satu yang terbaik di tingkat Nasional.

BUMDes yang turut menggerakkan perekonomian warga itu diganjar sebagai BUMDes kreatif terbaik Nasional Tahun 2016 dalam Rembuk Desa Nasional yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa DPTT) di Jakarta, Senin (7/11) malam.

Pejabat (Pj) Kepala Desa Amin Jaya, Sigit Imam Mulya mengatakan bahwa penghargaan itu merupakan hasil dari kerja keras semua elemen masyarakat Amin Jaya sehingga BUMDes Karya Jaya Abadi mampu tumbuh dan berkembang dengan baik untuk membantu kemajuan pembangunan ekonomi masyarakat.

”Penghargaan ini untuk pengurus BUMDes, warga masyarakat Amin Jaya dan juga untuk Kabupaten Kobar yang telah memberikan kemudahan dketika perintisan BUMDes hingga sekarang mampu menjadi berkembang seperti saat ini,” ujarnya, Selasa (8/11) pagi melalui sambungan telepon.

Menurutnya, penghargaan untuk BUMDes tersebut diterima langsung oleh Muchtar selaku Sekretaris BUMDes.

Kepada Radar Pangkalan Bun, Muchtar mengatakan bahwa prestasi tersebut sebenarnya bukan suatu tujuan utama, namun dengan adanya penghargaan tersebut maka seluruh pengurus seakan mendapatkan motivasi lebih untuk terus berbuat lebih baik lagi dalam mengembangkan BUMDes untuk percepatan kemakmuran masyarakat.

”Hampir tidak percaya bisa seperti ini, kita menjadi wakil Kalteng saja sudah cukup bangga. Namun ternyata usaha kita selama ini diapresiasi oleh pemerintah pusat,” katanya.

Penghargaan tersebut tidak didapat secara instan, setelah terbentuk dan naik turun dalam pengelolaan. Akhirnya BUMDes bisa berjalan dengan baik.

Penilaian dilakukan oleh tim verifikasi langsung ke lapangan. Tidak hanya dari Kemendesa PDTT, ada juga penilai independen dari Universitas  Indonesia serta perwakilan media Nasional yang pelaksanaanya pada 25-28 Oktober 2016 lalu.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kobar, Rustam Efendi mengatakan bahwa penghargaan untuk BUMDes terdiri dari empat kategori di antaranya, kreatif, inovatif, berkembang dan partisipatif.

”Ternyata BUMDes Karya Jaya Abadi masuk dalam kategori kreatif. Itu cukup membanggakan,” katanya.

Dengan prestasi dan juga kerja nyata selama ini, pihaknya makin optimis bahwa kedepan BUMDes bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi di tingkat desa.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan semakin gencar untuk terus menumbuhkan BUMDes baru di seluruh desa yang ada di Kabupaten Kobar.

”Efeknya juga cukup besar karena ini juga bisa menjadi motivasi bagi desa lain untuk mendirikan BUMDes dan ikut aktif dalam percepatan pembangunan ekonomi di tingkat desa,” harapnya.

Rustam juga menambahkan bahwa menjelang akhir tahun, sudah terdapat 58 BUMDes di Kabupaten Kobar.

”Makin banyak BUMdes makin bagus, dan melalui BUMDes tadi bisa dikembangkan program satu desa satu produk unggulan. Manfaatnya ekonominya bisa makin besar,” katanya. (sla/fm)

http://sampit.prokal.co/read/news/6164-mantap-bumdes-kja-terbaik-nasional

Unidha Desa Amin Jaya, adalah Desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan Banteng Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
© 2022 Desa Amin Jaya Follow Desa Amin Jaya : Facebook Twitter Linked Youtube